Kamu pulang saat saya datang

Definisi bahagia bermacam dan beragam. Buat saya, dalam jarak empat ratus enam puluh kilo meter terpaut, bisa bertemu dengan mu adalah suatu kebahagian yang penuh akan rempah ketenangan. Meski hanya sesekali bertemu dan sekejap saja dapat menatap, meski hanya terucap salam, meski tanpa obrolan panjang. Saya bahagia.

Suatu saat, ada kabar bahwa saya diterima bekerja, bekerja dalam arti sebenarnya menuju kota yang sudah tidak asing karena sering saya ucap dalam doa saya, kota dimana kamu tinggal untuk sementara. Sampai setelah satu hari saya menetap di kota itu, saya baru memberanikan diri untuk mengabari mu tentang keberadaan saya disini. Ya, saya masih ragu bagaimana tanggapanmu jika saya tanpa sengaja menyusulmu.

Berada satu kota denganmu, bukan berarti bisa seenaknya mengajak mu bertemu. Selama beberapa bulan bisa bertemu tiga kali, sekejap tanpa banyak kata terucap. Hingga akhirnya kamu tanpa sengaja akan pergi, menuju kota baru yang lebih pasti memberi. Memberi kisah yang lebih ramah, bagaimana caramu bisa mengatur marah.

Beberapa bulan berlalu, saya mendapat jadwal untuk datang ke kotamu hampir setiap minggu, dalam tiga bulan berlalu. Dapat sering bertemu di kota mu yang baru, untuk beberapa saat saya merasa kita sudah berbaikan, dan itu membuat saya terjangkit bahagia yang berlebih. Seiring berjalannya waktu, saya mulai sadar, ternyata belum. Efek terlalu bahagia itu membuat keadaan semakin memburuk. Maaf.

Baru-baru ini, saya tanpa sengaja pula akan berpindah menuju kota mu. Entah, apa memang ini takdir saya denganmu.

Setiap saya berfikir, sering tanpa sengaja kita hampir satu kota, namun tanpa sengaja pula kamu sudah meninggalkan diri dari kota itu. Ya, ambil hikmahya. Mungkin ini tanda agar saya lebih khusyuk berdoa untuk kebahagiaanmu.

Sekarang, definisi bahagia saya pun sudah menyesuaikan. Dapat selalu ingat mendoakan akan kebahagiaanmu, itu sudah membuat saya bahagia. Saatnya saya kembali untuk pergi, pergi menemui mu, sayangnya kamu lebih memilih untuk pulang.

Di suatu tempat, seseorang mendoakan kebahagiaanmu. 03-12-2017

Iklan

Pengalaman Tes CPNS Kemenkeu 2017

Banyak juga keyword bagaimana tes cpns kementrian keuangan? Pengalaman tes cpns keuangan juga ada. Hmm.. jadi buat tulisan ini deh, siapa sih yanng gak tau seleksi tes CPNS? yup, calon pegawai negeri swasta sipil, ini buat kalangan orang tua dan anak kekinian pasti sudah pada tahu, soalnya ini adalah cita-cita orang tua kalian, anaknya jadi pegawai negeri. ๐Ÿ™‚

Nah, kebetulan orang tua gue semua pns, ya otomatis menyuruh anaknya dong buat ngikutin jejak mereka sebagai pengabdi setan negara. Kebetulan ada seleksi besar-besaran cpns akhir tahun 2017 ini, salah satunya keuangan. Ini gue coba share bagaimana pengalaman gue ikutan tes ini dan sedikit tips-tips biar lolos.

FYI gue ikutan penerimaan cpns yang gelombang kedua, tahapan yang gue lalui banyak dan penuh drama, dari seleksi administrasi, tkd, psikotes, kesehatan, sampai pemberkasan. Itu jalan panjang dan terjal yang standar orang mau ikutan cpns. Tapi mungkin ada perbedaan juga sih, tergantung kementrian yang buka lowongan. Dan di realita bisa capek binggo, aaahhh.. kalo gue inget-inget rasanya ingin menyerah dan ingin menikah saja, tapi sama siapa? ๐Ÿ˜†

Drama dimulai waktu orangtua ngasih ‘mandat’ agar gue daftar cpns, setiap hari ditelpon untuk daftar, whatsapp group keluarga isinya share tentang pengumuman cpns, chat pun yang dibahas cuma itu sampe satu minggu penuh. Bayangin, seminggu mual gak tuh? ingin rasanya keluar dari group, tapi kalau keluar ntar dicoret dari KK ๐Ÿ˜• .oke deh, biar mereka berhenti menyuruh-nyuruh buat daftar akhirnya gue daftar. Well, cuma bilang daftar, apa yang mau didaftarin? entahlah, gue buta masalah cpns gituan.

Ni jadwal yang dishare panitia, soalnya jadwal ga berbeda jauh sama kenyataannya entar, jadi bisa buat patokan persiapannya. Oke lanjut drama nya, kalo jadwal gue dulu gini

  • Seleksi Administrasi

Pertama tes administrasi, ini semua online, mulai daftar pakai nomer ktp dan kepala keluarga kk, dan upload data seperti scan ijazah, transkrip. Ikuti aja perintahnya, misal batas upload harus maksimal 200kb, ya kompress sampai 200kb namun tetap jelas dibaca. Gue dapet arahan dari orang tua buat daftar kemenkeu, dan gue lihat emang persyaratannya ga ada batas tinggi badan, wkwkwk..

Gue lihat formasi sebegitu banyak berlembar-lembar mana formasi yang cocok sama jurusan kuliah gue. Akhirnya nemu dan kuotanya banyak, 315an kayaknya. Di form daftar ternyata ada pilihan lagi buat milih dirjen, oke fix, beneran gue ga paham masalah ginian, gue tinggal ikutin arahan emak-babe gue. Eh gak kerasa udah jam 21.00 lebih gue masih di kantor buat daftar ginian, semoga masih ada gojek buat pulang.

  • Pengambilan Kartu Ujian

Taraaa.. dapat telpon dari emak kalo gue lolos seleksi administrasi. Oh ya? *muka datar* . Gue ambil tempat tes di jakarta saat pendaftaran, mau ambil jogja tetapi terlalu jauh buat melangkah kesana.

Tahapan pengambilan kartu ujian ini cuma ada di kemenkeu sepertinya, soalnya ada pengambilan kartu ujian dahulu sambil menunjukkan berkas asli dokumen yang diupload saat pendafaran. Disini kudu sabar, antri panjang, ngecek berkas nya satu-satu soalnya. Untung nya sih pengambilan hari sabtu, jadi ga perlu izin kantor, tapi gue dapet sesi pertama, jam set-8 udah harus standby. Padahal gue posisi di bandung, yakali. ๐Ÿ™„

Akhirnya gue hubungin temen yang ada di jakarta. Dulu tempat gue ambil kartu di Student Center STAN, Bintaro, Tangerang selatan. Gue berangkat dari Menteng – STAN, jauuuh iya beneran jauh, kalo naik busway bisa oper, kereta KRL juga bisa makan waktu 1,5 jam. Dan gue dengan polosnya order gojek, dengan tarif 50rban pakai go-pay, kasihan juga sih sama abang gojeknya, 22km naik motor pagi-pagi buta, gue berangkat jam 06.30 dulu. Gue nawarin dulu bapak gojeknya, mau ga pak buat anter jauh gini? Siaaapp..

Di jalan baru kerasa jauh juga, udah hampir set 8 belum sampai juga, pak ini sampe mana ya? Dah masuk kawasan sektor, dan gue cek maps tinggal dikit lagi sampe. Dramanya, bapak gojek gak hafal daerah sini, dan ngikutin maps aja. akhirnya Nyasar. ๐Ÿ˜

Muter-muter sektor, sampai diantar abang gojek sekitar sana buat sampe stan gerbang depan. Di jalan tadi udah pikiran aneh-aneh kalo gue ga boleh masuk ruangan, ntar gue bakal dicoret dari daftar kk ga ya ๐Ÿ˜• . Drama belum berakhir, tempat student center itu ada di bagian belakang, gue tanya satpam harus jalan kira-kira 1 km lagi. Ya Allah, gak popo wes, demi ibuk bapak..

ini waktu gue di student center stan, ini lebih mirip GOR sih, ntar antri sesuai urutan datang.

Pulang dari ambil kartu, menjelang dhuhur, ternyata udah langsung keluar jadwal buat tes tkd nya, tes kemampuan dasar ada di tanggal 25 oktober!! wooyy.. itu tanggal pas kakak sepupu gue nikahaann.. gue dah beli tiket kereta eksekutif buat kesana ๐Ÿ˜ฅ

Gue telpon emak gue kalo gue gak mau lanjutin buat tes, gue pengen dateng ke nikahan kakak sepupu, udah terlanjur beli tiket, gak bisa dibatalin juga soalnya tiket promo, sayang banget. Gue ngambek, ngomel-ngomel ga mau berangkat dan emak bales juga dan keluar kata-kata horror dari beliau, kalo gue ga berangkat ga dapat ridho dari orang tua. Gue masa bodo, gue tutup telepon.

Langsung. tanpa-basa basi, sorenya gue kecelakaan motor vs motor di Jakarta !

Habis itu dah gak berani bantah omongan emak. Semua yang diminta gue jawab, ya, nggih, laksanakan, siap komandan! ๐Ÿ™„

  • TKD (Tes Kemampuan Dasar)

Harusnya masih ada waktu seminggu lah ya buat belajar, nah ini? Gue ga ada persiapan sama sekali buat tes ini. Gaya banget, padahal baru pertama kali gue tes beginian. Bukannya ga mau belajar ya, pas itu tu minggu-minggu nguber deadline kerjaan dan banyak tugas dari kampus. Iya gue double job, kuliah sambil kerja, umm.. bukan, kerja sambil kuliah lebih cocok.

Biar kalian tau, tes ini nih yang paling nentuin sebenarnya buat lolos tahap berikutnya, dan ini pula soal yang banyak dijual di gramedia, bank soal lolos cpns lah, soal cpns, sampe setebel bantal ya ini. Tapi nyatanya gak se-horror itu kok, gak seperti ujian nasional SMA yang kudu ngerjain matematika integral sama kimia, disini kita ‘cuma’ ngerjain pengetahuan kebangsaan (sejarah kemerdekaan indonesia sama pasal-pasal dikit) dan tes hitungan matematika tapi ga pake rumus muluk-muluk, deret angka, trus peluang, hitungan persen, soal cerita gitu.

Ya intinya kalian kudu belajarlah ya, banyak latihan ngerjain soal ginian, biar gak nervous saat ngerjain karena ujian ngerjain di laptop dan ruangan ber-ac yang dingin bengets. ๐Ÿ™„

ini saat nunggu dipanggil saat kloter sesi TKD, antri, panas, capek, lelah. Jadwal ujian nabrak waktu sholat, parah. kudu sabar disini, soalnya banyak yang ikut.

Gue tes TKD di Maria Convention Hall, itu di Jakarta Timur, kalau dari gambir gojek 20rb an. Saat tes itu kudu datang paling ngga setengah jam sebebelum mulai, karena akan banyak antrian disana, jangan telat karena ga boleh ikut ujian nanti. Antrian di luar panjang, antar kalo dah masuk gedung masih antri lagi buat registrasi, absensi, nitip tas, nunggu yang lagi tes kelar buat tes cat nya. Perjuangan sih, ya itung-itung buat rasa berbakti pada orang tua lah ya. ๐Ÿ˜€

Saat tes gak boleh bawa apapun kecuali kartu ujian yg dah diambil awal seleksi dulu, sama ktp. hp, alat tulis, jam tangan, kunci motor/mobil/kosan, jimat ๐Ÿ˜† , ga boleh dibawa ke ruangan sampe ada detektor metal juga waktu gue mau masuk ruangan. Tes nya pakai laptop, computer based test.

Laptopnya bagus sih, rata-rata ultrabook, lenovo thinkpad, hp probook, dell, (eh elu malah fokus sama spek laptopnya sih. wkwkw) ๐Ÿ˜† . Pilih yang kira-kira cocok, soalnya bisa jadi laptop gak bisa dipakai buat login, kaya gue. haha. Jadi gue waktu itu ada fail di login, dah minta bantuan sama panitia tetep gak bisa login. well, gue cuma nunggu diem, padahal yang lain dah pada panik mengerjakan soal. Drama banget ga sih?

Intinya, don’t be panic! gue santai aja sih, misal gak jadi tes ya ga apa-apa, wkwkw ๐Ÿ˜† .Akhirnya setelah drama panitia mondar mandir benerin laptop tetep ga bisa login, gue disuruh pindah laptop setelah 20 menit berjalan.. santai aja, timer berjalan ketika pilh setuju untuk start ujian kok. ๐Ÿ˜€

Gue waktu buka soal, hmm.. ini soal apaan ya? wkwkkw, di sesi soal TWK bener-bener harus nginget-nginget pelajaran ips SD. ini hafalan banget, nget. sejarah proklamasi lah, kebangkitan nasioanal, nama-nama tokoh. Ya gue mencoba mengingat dalam kenangan pelajaran saat gue SD dulu, semakin dalam, eh malah kenangan sama gebetan yang muncul, #eh, inget-inget materi ips dong ya, untungnya sih dulu waktu SD gue pinter ngafalin nama tokoh. Sekarang? ogah .wkwkw

Juga ada pasal-pasal dan tap mpr gitu sih, ya kalo ini gue bisa dikit-dikit jawab karena waktu SMA gue pernah ikutan lomba ngafalin pasal-pasal gini. Masih ada yang bisa dikira-kira jawabannya apa lah ya. Tapi parah bener nih, harusnya gue belajar biar gak buruk-buruk amat nilainya. wkwkkw ๐Ÿ˜†

Hasil TKD langsung muncul setelah tes berakhir, kalo TKD ada nilai minimal sih buat lulus kalo kalian milih formasi umum. Kalo cumlaude dan yg lain ga ada batasan minimal nilai. Setelah dinyatakan lulus, jangan seneng dulu, gak usah terlalu bereuforia berlebihan. belum tentu bisa lulus itu, soalnya masih di grade satu indonesia, dan sesuai jumlah kuota dan formasi umum, cumlaude, difabel dan putra papua. So, banyakin doain temen-temn yang seperjuangan biar lulus. hhe ๐Ÿ˜€

Trus gue gimana? Lulus .. dengan nilai ngepres. ๐Ÿ˜†

  • Psikotes

Saat pengumuman psikotes, temen gue yang ngabarin hasilnya. Iya, gue gak peduli banget ginian, mending meduliin kerjaan yang belum beres dan tugas kuliah yang setiap minggu ada. Dan sampai sekarang pun kalau ada pengumuman pasti gue dikabarin temen ๐Ÿ™„

Gue lolos, ya.. langsung ditelpon emak, suruh berangkat. Nggih komandan!

Gue berangkat lah ya, daripada gue kenapa-kenapa di sini. Gue berangkat ke Jakarta lagi, gue tes di STAN lagi seperti waktu awal ambil kartu ujian dulu. Di tes psikotes kalian akan ngerjain soal tentang kosa-kata, padanan kata bahasa indonesia, hitungan cepat, formasi gambar, dan kepribadian diri. Kudu banyak latihan sih, soalnya waktunya terbatas. cm 5 menit masing-masing, kalau yang kepribadian diri bebas ga perlu mikir susah juga, soalnya yang bisa jawab cm kita sendiri.

Tes kali ini pakai laptop lagi, online, klik jawaban di laptop. Dan kali ini tes nya on time, karena cuma sedikit pesertanya, ga seperti awal waktu kemampuan dasar itu, sehingga ga terlalu lama waktu terbuang buat antri, lagipula tes di dalam ruangan cuma 30 menit selesai. Gak sempet buka hp buat foto-foto karena hp langsung masuk tas saat antri. ๐Ÿ˜ฎ

  • Kesehatan dan Kebugaran

Kali ini pengumuman waktu gue masih di kereta buat ke Jogja. Malem-malem jam 00.00 temen ane pada rame ngabarin siapa aja yang lolos. Gue lolos lagi. Alhamdulillah ya, sesuatu. tapi ini malem-malem dan di kereta yaudah gue tidur lagi.

Setelah lolos psikotes kalian akan diajak buat babak-belur. hehe ๐Ÿ˜† Maksudnya buat tes kesehatan dan kebugaran, kalau kalian jarang olahraga pasti bakal kerasa kramm kaki nya. Gue tes di Pusdiklat Bea dan Cukai, Jakarta Timur. Tes kesehatan gak terlalu ekstrem kalau bumn/polisi, ga perlu sampe telanjang rame-rame gitu. Satu-satu masuk ruangan dokter, toh juga disamain sama gender kita kok dokternya.

kartu ujian gue, ini gue foto waktu habis tes kesehatan, jadi ada kartu kuning. Jangan dibuang ini, soalnya masih kepakai sampai pemberkasan di akhir tahapan ๐Ÿ˜ฎ

Keisni datang kudu pagi, karena tes sesuai kedatangan peserta, misal dijadwal jam 07.00 minimal jam 06.30 udah harus dilokasi, biar antri gak kelamaan. Tes kesehatan tinggi badan dan berat badan, mata minus, tensi, dan checkup dari dokter gitu, tujuan nya buat diizinkan ngga buat tes kebugaran, soalnya nanti bakal nguras tenaga banget. Kudu sarapan juga paginya biar ga pingsan sih, tapi tenang aja, ada ambulans, wkwk ๐Ÿ˜†

Ada drama juga ga di sesi ini? Pasti ada lah ya.. ini tes kesehatan hari Jumat pagi jam 07.00, otomatis kamis malam harus dong yes. Drama nya gini, saat mau berangkat dari kost, habis magrib Bandung hujan gede, dan pas mau ambil payung jari tangan gue nancep di ujung jeruji payung sampe berdarah-darah gak mau berhenti darahnya. netes kemana-mana. Gue buru-buru, jadi cuma gue balut sama handsaplast, udah ditunggu bapak grab-car dan jadwal kereta yang 45 menit lagi berangkat. belum juga macetnya di jalan, sepanjang jalan tangan masih aja darah ngalir gak mau berhenti, sampe ngotorin dashboard mobil grab coba. Gue datang di stasiun di last minute keberangkatan kereta, drama banget gak sih? ๐Ÿ™„

Lapangan stadion bea dan cukai Jakarta timur, gue lari-lari muterin tuh stadion selama 12 menit. capek bro ๐Ÿ˜ฆ

Lokasi tes kebugaran ada di Stadion Bea dan Cukai, dekatan sama pusdiklat. Tes kebugaran lari 12 menit, push up, sit-up dan lari angka 8 (shuttle run). Buat standarnya gue juga ga tau sih biar lolos berapa minimal, yang jelas sih gak terlalu ekstrem kaya masuk militer gitu, yg penting sehat dan bisa melalui semua tahapan tes.

Gue berapa? Gue dapet lari 6x muterin stadion selama 12 menit itu. Push up dapet 25, masih capek gegara lari tadi, istirahat ga banyak, langsung tes push-up, dapet segitu doang jadinya, ga tau berat banget nih badan waktu itu, kebanyakan dosa kali. Sit up gue dapet 34 kayanya, sekitar itu lah. Padahal temen cowok yang lain push-up sit-up nya pada diatas 35 semua. Oh might! ada dua kemungkinan, pertama mereka sering olahraga kedua mereka kuli.

Kalo yang perempuan rata-rata bisa 3 sampai 4 putaran, push-up sit-up pada bisa 20an. Buat yang shuttle run gue juga ga tau, gak diumumin berapa detiknya sama panitia.

  • Pemberkasan Online

Pengumuman tahap terakhir, habis pemberkasan sudah gak ada seleksi lagi di tahap cpns, tinggal nglengkapin berkas. kalau berhasil terkumpul semua dan upload ya kemungkinnan besar bisa ikutan pemberkasan fisik. Ya, gue lolos.

Persiapan ngumpulin berkas dalam waktu dua hari saja, padahal gue lagi di Bandung, urus persyaratan ada di kota asal sesuai KTP, di Ngawi. Drama banget lah, malam jam 01.20an beli tiket buat berangkat jam 07.20 paginya. Padahal masih ada tanggungan program buat presentasi ke client juga, di jalan pun ngoding tetep aja.. sedih, haha. ๐Ÿ˜†

  • Pemberkasan Fisik

Semua peserta dari daerah lokasi tes manapun pada datang ke Jakarta untuk pemberkasan ini. Ya kita tinggal ikutin aja alur nya dengan bawa berkas-berkas yang suruh disiapin tadi.

*bakal gue update insyaAllah kalo dah beneran pemberkasan fisik, masih tanggal 11 desember besok*

end.

Ya begitulah, kalau udah nasib mah ga kemana. Meski sebenci-bencinya gue sama pns, gak pengen jadi pns, suka maki-maki dalam hati si pegawai pemerintah di kelurahan, kecamatan, kabupaten yang waktu dicari pada pergi keluar. Kalo udah doa orang tua yang bicara who knows, ridho Allah adalah ridho orang tua.

Ini beneran semua karena doa emak gue yang kuat banget pengen anaknya jadi cpns. Sekedar tips, mungkin ini bisa bantu kalian yang pengen ikutan daftar pns juga.

—————

Ini beberapa tips yang gue pake sewaktu tes cpns kemarin, ya mungkin bisa dicoba juga, siapa tau bisa lolos juga tahun depan atau kapan kalau ada bukaan cpns lagi.

  • Niat baik dan benar.

Niat itu pertama, karena semua perbuatan dilihat amalan baik atau buruk dilihat dari niatnya. Hilangin niat buat dapat kerjaan santai, hilangin niat buat kerja yang nyaman, hilangin niat kerja yang baik buat masa depan. Amit-amitnya pengen penghasilan banyak dari pns. Tujuan cpns bukan itu, bukan. Kalo gue kemarin niatin ikutan cpns buat nyenengin orang tua, gak lebih. Niat penting, kalo di awal dah niatan salah nanti kebelakang juga bakal gak bener.

  • Jujur.

Ini point penting juga gaes. Ini menyangkut keberkahan atas pekerjaan mu selama hidup kalau beneran diterima sebagai cpns. Jujur nya gak cuma saat ngerjain tes aja. Izin kantor atau kuliah keperluan tes itu juga harus jujur. Ngomong apa adanya ke atasan kalian (kalau sudah bekerja), izin yang benar, jujur, bilang aja mau tes cpns, hindari bilang sakit ntar malah kejadian beneran jadi susah juga kan, dan itungannya bohong sama atasan. Hati-hati gak berkah.

  • Pilih formasi yang tepat.

Ini yang banyak kesalahan, pada gak ‘bejo’ milih, ada banyak formasi di cpns dari berbagai kementrian yang buka lowongan. Ini ibarat kalian mau pilih jurusan kuliah gitu. Kalo saran gue cari yang sesuai jurusan kuliah dan kuota penerimaan banyak (100-500 orang). Kenapa? ya ini kalian gambling di sini, dari puluhan ribu orang yang daftar yang direrima hanya seper berapa persen, cari peluang yang gede, soalnya waktu formasi yg gue pilih dari 315an kuota masih dipecah-pcah lagi menjadi 100-65-10-1-20 an (ga hafal detail jumlah nya).

  • Cari kenalan, teman seperjuangan selama tes.

Teman itu penting, buat memotivasi kalian biar semangat. Cari nama yg sepertinya kalian kenal dalam pengumuman awal itu, ini akan membantu kalian selama tes. Kalo orang model gue yang gak peduli pengumuman, ini ngebantu banget. Mereka bakal share info-info yang mungkin kalian belum ngerti. Join group telegram/whatsapp tes cpns, disana ada banyak orang yg ‘lebih pengalaman’ buat tes cpns gini.

  • Belajar sebelum tes.

Belajar juga perlu, karena gak sedikit orang bisa ngerjain soal TKD (tes kemampuan dasar) yang berbasis CAT (computer assisted test). Biasanya sih ada tiga tipe, TWK, TIU, TKP. Kalo gue saranin sih belajar TWK dari materi ips kelas 5/6 sd, itu lebih banyak muncul karena soal tipe hafalan. TIU tips nya teliti aja, itungannya gak ribet kok tinggal teliti karena waktu terbatas. TKP ini kepribadian saat kalian kerja bagaimana, tips nya, lihat judul topik dulu. Pilih jawaban yang sesuai dengan soal, bukan dengan kepribadianmu, kalau mau jawaban nilainya tinggi.

  • Minta restu orang tua

Ini buat perlancar jalan kalian buat menuju cpns. Mintalah doa mereka, biar perjalanan tes mu dilimpahi akan keberkahan.

  • Berdoa dibanyakin.

Kalau semua udah dilakuin, sekarang saatnya bedoa dibanyakin. Kita ga tau tuh berapa formasi yang diambil, standar kelulusan biar masuk berapa. meski ada batas lolos, meski kamu lolos saat itu, belum bisa jadi jaminan kalian bisa lolos buat tes selanjutnya, soalnya bakal di grade lagi satu indonesia, satu kualifikasi (umum, cumlaude, difabel, putra daerah). Jadi berdoa lah yang bijak, doakan temenmu seperjuangan buat lolos, biar malaikat balik mendoakan mu juga.

Ya itulah cerita panjang gue buat CPNS, buat nyenengin orang tua. Apapun hasilnya gue sabar nerima. Bismillah barokah.

Quote buat postingan ini, ada nih satu..

Jangan membenci sesuatu secara berlebihan, karena kamu akan merasa aneh jika sesuatu yang paling dibenci menjadi sesuatu yang harus dijalani. Pepatah jawa mengatakan; Gething nyanding.

Selamat berjuang, semoga sukses. Berdoa, bersyukur, bahagiakan orang tua ! ๐Ÿ˜€

Note:
Sumber gambar orang tes cpns pertama dan tips diambil dari google image.

Cara cek umur kartu Indosat

Screenshot_2017-05-07-17-30-28_com.android.chrome

Bagaimana cara cek umur kartu indosat, im3 atau mentari? kalau dulu waktu adaย point senyum indosat bisaย cek via kode USSD di telepon, tapi sekarang sudah tidak bisa deh, cara terbaru yaitu dengann login ke akun myCare indosatooreedoo.

Belum punya akun? gampang. Tinggal daftar, caranya mudah kok. tinggal ikuti step-step pendaftarannya. Gratis.

  1. Buka alamat mycare.indosatooredoo.comย dari laptop atau smartphone kamu.
  2. Jika sudah punya akun tinggal login, kalau belum pilih button Buat Akun Baru SekarangScreenshot_2017-05-07-17-24-27_com.android.chrome
  3. Masukkan nomor indosat dan kode captcha yang muncul > daftarScreenshot_2017-05-07-17-26-50_com.android.chrome
  4. Tunggu sms balasan berisi kode seperti berikutScreenshot_2017-05-07-17-27-22_com.android.mms
  5. Masukkan kata kunci (kode dari sms) kemudian pilih button validasi kata kunciScreenshot_2017-05-07-17-27-54_com.android.chrome
  6. Buat akun baru atau gunakan ID mycare kalau sudah punya. Kalau belum, tinggal daftar ikuti petunjuknya, mudah kok. hehe (alasan gegara tadi gak ke screenshot)
  7. Pilih nomor yang mau dilihat detail nya Screenshot_2017-05-07-17-37-11_com.android.chrome
  8. Taraa.. lihat label Kartu aktif sejak untuk lihat info kapan nomor kamu diaktifkan. Selain itu terdapat informasi pulsa, masa aktif/tenggang kartu,ย kuota internet yang terpakai.

Note. Post ini tidak disponsori indosat, cuma mau share aja soalnya ane dah pakai kartu im3 indosat sejak 2007, ya itung-itung hampir 10 tahun lah. Patut dipertahanin gak sih? sama nomor hp aja setia, apalagi sama kamu.. hehe.. ๐Ÿ˜ณ