Cara Convert PDF Offline: Rapi dan Mudah Diedit


Halo sobat, apa kabarnya? Pada artikel ini adiozh.com akan memberikan tutorial cara convert PDF Offline agar rapi dan mudah diedit.

Format file PDF merupakan format file yang sangat familiar kita temukan. Mesikipun sangat familiar, sepertinya cukup jarang dari kita yang mengerti makna dan tujuan dari pembuatan file jenis ini.

PDF merupakan akronim dari Portable Document Format. Pdf merupakan salah satu format dokumen untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang pertama kali dikembangkan oleh Adobe System pada tahun 1993.

Penggunaan PDF biasanya merupakan format yang digunakan pada dunia kerja yang berhubungan dengan pengolahan data. Data yang sebelumnnya dibuat menggunakan Microsoft Office Word ataupun sejenisnya seringkali disimpan dengan alternatif menggunakan format Pdf.

Kita seringkali menggunakan format .pdf dikarenakan format ini sangat mudah dan tidak memubutuhkan waktu lama untuk membukanya. Meskipun, saat kita sudah membuat data kita keformat Pdf akan memiliki risiko, karena file yang sudah di ubah keformat Pdf tidak bisa diubah ubah lagi data yang ada di dalamnya, kecuali menggunakan software khusus.

Format Pdf memilki beberapa fungsi. Sama halnya dengan format word, fomat Pdf pun juga dapat menyimpan dokumen yang berisi teks dan gambar. Selain itu format file Pdf merupakan format file yang cenderung lebih flexible. Bagaimana tidak, komputer dan smartphone sekarang ini hampir dipastikan sudah mendukung untuk membuka format ini.

Walaupun misalnya, komputer atau smartphone kamu tidak memiliki aplikasi khusus untuk membuka format file Pdf, browser bawaan pun biasanya bisa memiliki kemampuan untuk membuka format ini.

Berbeda dengan format doc atau docx dari Microsoft Office yang mana seringkali tidak bisa dibuka karena tidak didukung oleh perangkatmu karena harus dibuka menggunakan aplikasi khusus.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan Cara Convert Pdf offline. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwasanya sering kali format Pdf digunakan karena lebih flexible penggunaanya. Itulah sebabnya biasanya datamu yang memiliki format doc atau docx sebelum kamu kirimkan akan kamu ubah dulu kedalam bentuk Pdf. Berikut Cara Convert Pdf offline.

Cara Convert Pdf Offline

Ada beberapa aplikasi yang mendukung untuk melakukan convert pdf to word.docx, diantaranya adalah sebagai berikut:

MS Word 2013 Keatas

Seperti disebutkan sebelumnya untuk Microsoft Office Word 2013 keatas sudah mendukung untuk menyimpan atau membuat file Word yang berformat docx ke file format Pdf. Berikut langkah langkahnya:

  1. Siapkan terlebih dahulu file Pdf yang hendak kamu ubah formatnya ke Word (*.docx).
  2. Klik kanan pada file tersebut. Lalu pada menu yang muncul klik “Open With”.
  3. Saat kamu mengarahkan pada menu open with maka akan muncul pilihan yang lainnya. Klik “Choose another app”.
  4. Maka akan muncul tampilan baru berupa tabel box “How do you want to open this file”.
  5. Scrool kebawah dan temukan “More apps”.
  6. Klik pada “Word”.
  7. Selesai. Langkah terakhir ialah kamu hanya perlu menunggu dikarenkan dbutuhkan sedikit waktu oleh Microsoft word untuk melakukan convert pada file Pdf kamu. Apabila file wordnya telah terbuka maka selamat kamu sudah melakukan convert pada file Pdf kamu.

Akan tetapi, tidak semua file Pdf yang bisa dibuka atau di convert ke word dengan menggunakan Microsoft Word. File Pdf tidak bisa di convert ke word apabila Microsoft Word versi 2013 kebawah.

Selain itu apabila berhasil di convert ke Pdf, seringkali format file akan sedikit berantakan sehingga membutuhkan langkah tambahan agar kamu bisa merapikan dokumen tersebut.

Alternatif lain apabila Microsoft Word kamu tidak bisa melakukan convert kamu bisa mendownload Aplikasi khusus untuk melakukan tugas tersebut. Beberapa contoh aplikasi Offline Pdf yang gratis seperti: PDF24 atau PDFSAM.

Cara Convert Pdf Online dari Word ke Pdf atau Sebaliknya

  • Kamu bisa mengunjungi beberapa situs website yang menawarkan convert PDF gratis secara online. Sepert: smallPdf.com, ilovePdf.com, sodaPdf.com, Pdf2doc.com dan masih banyak lainnya.
  • Setelah masuk salah satu website diatas. Kamu hanya perlu memilih menu “Word to Pdf” atau bisa jadi “Docx to Pdf. Begitu juga sebaliknya apabila kamu ingin mengubah format Pdf ke Word.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu mengupload berkas file kamu ke webiste tersebut.
  • Tunggu sja proses yang dijalankan selesai. Ini biasanya membutuhkan waktu beberapa lama. Tergantung dengan besarnya ukuran dan banyaknya file yang ingin kamu ubah formatnya. Apabila telah selesai kamu dapat mendownload file yang sudah berhasil di convert.
  • Maka file yang kamu download akan tersimpan di perangkat kamu.

Kelemahan Convert Online

1. Convert Pdf Keamanannya Tidak Terjamin

Tools ataupun website yang menyediakan jasa convert Word ke Pdf atau sebaliknya diyakini sebagai salah satu metode pengubahan format dokumen yang tidak aman.

Bukan tanpa alasan, saat kita menggunakan tools tersebut maka secara tidak langsung kita memberikan akses kepada pihak ketiga. Secara tidak langsung file yang kita upload atau unggah akan diberikan pada pihak lain yang bertugas untuk mengubah format file tersebut.

Dari sini kita tidak mengetahui bagaimana langkah langkah yang mereka lakukan. Apakah pihak ketiga ini menyimpan file kita, apakah mereka akan memanfaatkan file kita atau pun yang lainnya.

Maka apabila hendak mengubah Word ke Pdf atau sebaliknya, maka pastikan yang diubaha bukanlah merupakan file yang rahasia atau dokumen yang sensitif.

Selain itu peretas bisa saja sewaktu waktu dapat mengakses dokumen yang kita unggah. Ini sangat berbahaya dan rentan disalahgunakan.

2. Harus Terkoneksi Internet

Selain kemanan yang tidak terjamin. convert Word ke Pdf atau sebaliknya mengharuskan terkoneksi ke internet. Ini tidaklah menjadi masalah apabila kamu memiliki akses ke internet. Namun, akan menjadi masalah baru apabila kamu sedang berada di daerah yang tidak terjangkau sinyal internet.

3. Ukuran File Dibatasi

Beberapa tools Pdf converter online umumnya membatasi ukuran maksimal dari file yang hendak diubah. Mulai 5 MB atau 10 MB walaupun beberapa tools atau situs juga dapat memporoses file yang lumayan besar.

Oleh karenanya, alternatif lain ialah mengubah convert Word ke Pdf atau sebaliknya secara offline. Dikarenakan penggunaan yang sangat luas dan familiar convert Pdf secara offline pun tidak kalah mudah dan memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan convert Pdf offline yang paling utama dibandingkan dengan converter online ialah tidak dibutuhkannaya koneksi internet.

Kelebihan Convert PDF Offline

Kenapa kita sebaiknya convert pdf seharusnya dilakukan secara offline? Seperti telah disebutkan diatas bahwa file kita yang kita aupload tidak terjamin keamanannya, bisa saja dijadikan bahan plagiarism.

Nah, apabila kamu menggunakan aplikasi offline kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti; pdf dapat displit, dimerge, tanpa harus terlebih dahulu meng-convertnya. Tentu hal ini akan memudahkan kamu jika ingin mengubah format file .pdf. Beberapa contoh aplikasi Offline Pdf yang gratis seperti: PDF24 atau PDFSAM.

PDFSAM

1. Merge PDF

Menu merge pada aplikasi PDFSam berfungsi untuk menyatukan dua buah atau lebih file PDF kedalam satu buah file .pdf dengan ururtan yang bisa diatur.

Jika kamu memiliki dua file dengan masing masing memiliki 3 halaman pada file yang pertama dan file kedua memiliki 2 halaman, maka setelah dilakukan proses merge akan muncul 1 file perpaduan dari dua file tersebut dengan total 5 halaman yang berurutan.

2. Split PDF

Menu split pada PDFsam berfungsi untuk memisahkan satu file PDF menjadi beberapa halaman, sesuai dengan keinginan kamu.

Jika kamu memiliki file .pdf dengan 5 halaman, maka melalui proses split file ini kamu bisa mendapatkan 5 file .pdf terpisah. Masing-masing file adalah hasil pemisahan dari file utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s