Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi: Mudah, Simpel dan Anti Ribet

cara-scan-barcode-tanpa-aplikasi

Sekarang orang-orang sering menggunakan barcode dalam kegiatan sehari-hari. Nah pada artikel kali ini adiozh.com akan memberikan tutorial cara scan barcode tanpa aplikasi yang pastinya mudah, simpel dan anti ribet.

Di era transformasi digital seperti sekarang ini, sudah banyak hal canggih yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis salah satunya adalah orang-orang bisa meng-scan barcode tanpa harus menginstal aplikasi.

Barcode sendiri merupakan data optik yang dapat dibaca oleh mesin yang berisikan identitas atau informasi tertentu, berupa kode batang.

Selain barcode sekarang ada juga teknologi QR code, sebuah terocosan code baru yang dapat menyimpan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan QR code.

Pada dasarnya prinsip dari QR code dan Bar Code sama. Yaitu menyimpan data magnetik yang tersimpan dalam bentuk blok blok hitam, hanya saja QR code memiliki bentuk yang jauh lebih rumit sehingga dapat digunakan untuk menyimpan informasi yang lebih banyak.

Dahulu mungkin alat scan barcode hanya umum digunakan oleh mba-mba minimarket saja. Namun sekarang kita dapat dengan mudah melakukan scan barcode lewat gadged di tangan kita.

Kini penggunaan QR code sudah banyak ditemukan dalan berbagai lini kehidupan manusia, terutama dalam hal pembayaran elektronik melalui dompet digital seperti DANA, Shopee Pay, OVO dan Gopay.

Cara ini dinilai lebih simpel karena orang tidak perlu lagi menyimpan uangnya di dompet, sehingga tidak perlu lagi khawatir jika dompetnya hilang uangnya juga hilang.

Karena penyedia layanan dompet digital bisa mengembalikan uang kamu jika Hp yang kamu gunakan untuk menyimpan uang kamu tersebut hilang melalui serangkain prosedur tertentu.

Bahkan saat ini banyak penyedia pembaca QR Code atau Bar Code yang memudahkan penggunanya untuk melakukan scan tanpa harus install aplikasi. Hal ini tentu mampu menjawab banyak masalah para pengguna yang enggan untuk menginstal aplikasi dengan alasan memori internalnya penuh.

Scan QR code atau bar code sendiri dapat dilakukan dengan mudah, baik pada pengguna Android maupun iOS.

Nah lalu bagaimana solusinya jika kamu tidak memiliki cukup ruang penyimpanan internal untuk menginstal aplikasi scan Barcode? Ya, jawabannya adalah kamu bisa melakukan scan barcode tanpa aplikasi asalkan kamu memiliki koneksi internet.

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa website penyedia scan barcode online gratis yang dapat kamu akses kapan pun dan dimana pun.

Ada beberapa layanan scan barcode ini bisa kamu di gunakan menggunakan perangkat gadget apapun, asalkan perangkat kamu memiliki akses internet dan memiliki kamera.

Beberapa situs web penyedia scan barcode dan QR code online gratis:

Sebenarnya langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk scan QR code tanpa aplikasi dari setiap website diatas adalah sama.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dnegan membuka browser yang ada di HP kamu, bebas memilih browser apa saja seperti Opera Mini, Google Chrome, atau browser bawaan HP kamu.

Nah berikut ini langkah-langkah selanjutnya:

  • Lalu biasanya situs akan meminta persetujuan akses kamera HP kamu, berikan saja ijinnya. Situs ini dapat kamu gunakan untuk memindai barcode atau kode QR yang ada pada kemasan makanan, televisi, transaksi pembayaran ataupun kegunaan yang lainnya.
  • Jika kamu sudah mengaktifkan kamera HP-mu, arahkan kamrea kamu ke Barcode atau QR Code yang akan kamu scan, pastikan kamu menempatkan kode tersebut pada kolom yang tepat yang telah disediakan oleh website ini.
  • Tunggu beberapa saat, situs sedang memindai kode kamu.
  • Nantinya biasanya akan kamu akan di ajak ke halaman baru yang berisi informasi dan data yang tersimpan pada kode tersebut.
  • Klik hasil untuk menampilkan hasil pemindaian secar mendetail.
  • Selesai.

Fungsi QR Code / Barcode

QR code merupakan singkatan dari quick response code, berupa kode dua dimensi yang bisa memberikan beragam jenis informasi secara langsung.

Untuk membuka QR Code dibutuhkan scanner yang bisa kamu download atau kamu bisa mencari layanan website scannet QR code.

QR code mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, yang termasuk didalamnya tanda baca dan karakter spesial.

Hal ini membuat QR code mampu menampilkan teks tertentu, membuka URL sebuah website, menyimpan kontak, dan masih banyak lagi kegunannya yang sangat membantu.

QR code dinilai lebih baik dibanding bar code karena QR code mampu menyimapan lebih banyak data. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi QR code yang jarang diketahui orang.

Password Wifi

Kamu bisa mengakes jaringan wifi dengan menggunakan QR code yang telah disediakan oleh pemilik jaringan wifi tersebut. Dengan adanya QR code, kamu tidak perlu repot mengetik password wifi, tentunya jika kamu diijinkan oleh pemilik QR code jaringan wifinya ya.

Dengan begini kamu bisa juga membagikan password wifi kamu kepada teman , sahabat, maupun keluarga.

Untuk Presentasi

Kamu bisa menggunakan QR code untuk menampilkan materi presentasi kamu. Kamu bisa membagikan QR code kepada para audiens, kemudian audiens bisa mengakses materi kamu selagi kamu mempresentasikan materi kamu di hadapan mereka.

Tentu hal ini sangat efisien untuk dilakukan, sehingga audiens bisa lebih mengerti maksud dan tujuan presentasi kamu.

Kartu Nama

Kamu bisa menggunakan kartu nama yang disertai dengan QR code. Dengan menggunakan cara ini kamu dapat membagikan data diri kamu kepada orang-orang tertentu secara detil. Didalam QR code kamu dapat membagikan informasi seperti nama jejaring sosial, alamat, atau jabatan.

Menu Di Restoran

Sekarang sudah terdapat bebrapa restoran yang menjadikan QR code sebagai media untuk menampilkan menu makanan dan minuman.

Dengan adanya QR code yang terpampang di meja, tentu tidak terlalu mengganggu jika dibandingkan dengan keberadaan menu makanan yang dicetak secara konvensional menggunakan kertas atau semacamnya.

Shorcut Pengunduh Aplikasi

Satu lagi fungsi QR code yaitu sebagai short cut untuk pengunduhan aplikasi. Hal ini sangat cocok digunakan oleh developer aplikasi. Mereka dapat dengan mudah melakukan promosi tanpa harus menggunakan link yag begitu ribet dan rumit untuk ditulis ulang oleh calon user. User hanya perlu meng-scan QR code tersebut jika tertarik untuk mendownload aplikasinya.

Nah itu tadi pembahasan terkait bar code atau QR code. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya, terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s