Mengenal Apa Itu Skimming dan Cara Menghindarinya


Apa itu skimming? Sebelum membahas apa itu skimming, perlu kamu ketahui bahwa kejahatan skimming itu sering terjadi. Jadi, simaklah dengan baik artikel ini supaya kamu terhindar dari tindak kejahatan skimmer atm.

Apa itu skimming?

Skimming berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti pembacaan spintas.

Skimming adalah suatu kejahatan tindakan pencurian informasi data pribadi dari kartu debit atau kartu kredit dengan bantuan alat tertentu yang bernama skimmer atm. Skimmer atm biasanya di buat menyerupai mulut mesin atm atau mulut mesin untuk kartu kredit dan atm.

Saat korban masukin kartunya ke alat skimmer atm atau skimmer edc, maka skimmer atm tersebut akan secara otomatis merekam informasi dari kartu kamu. Pada waktu yang bersamaan kamera yang telah diletakkan di area tertentu oleh pelaku akan merekam saat korban memasukkan PIN di keyboard mesin Atm.

Akibat dari tindakan semacam ini pelaku bisa langsung menduplikat kartu korban menggunakan data yang telah diperoleh dari alat skimmer ke kartu yang kosong yang lain.

Jika pelaku juga sudah mendapatkan PIN atm dari kamera tersembunyi, maka sekarang pelaku sudah bisa menggunakan kartu atm klonningan tersebut.

Pada kasus tertentu ada pelaku skimming yang mampu mengetahui pin atm korban tanpa menggunakan kamera tersembunyi. Jadi tetep waspada ya!

Pelaku tindak kriminal skimming biasanya berani merubah atau memodifikasi mesin atm yang sah untuk meletakkan alat skimmer atm tersebut. Biasanya diatas keyboard atm pelaku juga meletakkan kamera tersembunyi yang ukurannya kecil.

Teknologi makin kesini makin berkembang dan makin canggih, begitu juga peralatan yang dimiliki oleh para pelaku skimmer atm ini. Para pelaku bisa saja mempunyai akses nirkabel yang menerima informasi lewat data skrip magnetik dari kartu yang digunakan oleh korban.

Korban skimming bisa saja tidak menyadari bahwa atm atau kartu kreditnya telah disalah gunakan, apa lagi jika pelaku hanya melakukan transaksi-transaksi dalam jumlah yang relatif kecil.

Kasus Skimming ATM BCA

Baru baru ini jejaring sosial Twitter ramai membahas tentang kejadian (diduga) tindakan skimming yang menimpa korban dengan akun @hebosto.

Akun Twitter @hebosto membagikan pengalaman tak mengenakkan ketika uangnya yang tersimpan di kartu ATM BCA tiba-tiba hilang begitu saja. Cuitan akun tersebut telah disukai oleh 112 ribu orang dan di re tweet oleh lebih dari 36 ribu kali.

Bagaimana cara menghindari skimming?

Sekarang kamu sudah ngerti dong tentang apa itu skimming. Nah sekarang kalo kamu khawatir soal kejahatan skimming atau skimmer atm ini, maka kamu perlu untuk melakukan hal-hal berikut ini guna menghindari kejahatan skimming.

Selalu perhatikan mesin atm sebelum melakukan transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi kalo alat skimmer atm itu biasanya dibuat menyerupai mulut mesin atm atau edc. Jadi perhatikan di mulut mesin atm yang hendak kamu gunakan adakah benda kecil dan tipis yang mencurigakan.

Kenali juga mulut mesin atm yang biasa kamu gunakan, ini penting untuk dilakukan supaya kamu ngerti seperti apa mulut mesin atm itu seharusnya.

Biasanya alat skimmer atm ini sulit untuk dideteksi, tapi jika kamu menemukan mesin atm dengan ciri-ciri: mulut mesin longgar, bantalan keyboard atm yang berbeda, dan ada benda kecil asing di sekitar mesin atm, maka jangan gunakan mesin tersebut.

Perhatikan juga kamera yang terpasang di atm, adakah kamera lain selain kamera cctv. Jika kamu melihat ada sesuatu yang aneh dengan kamera lain selain cctv maka kamu perlu curiga dan tidak melakukan transaksi ditempat tersebut.

Sumber: pcmag.com

Gambar diatas adalah contoh mesin atm yang sudah dipasangi alat skimmer. Kamu lihat karet kuning yang aneh itu? Itu adalah alat skimmer. Contoh yang satu ini mudah dikenali dari bentuknya yang aneh, memiliki bahan yang berbeda dari material mesin secara umum, dan bagian kuning itu tidak melekat secara proposional (longgar).

Jika kamu menemukan mesin atm semacam ini maka segera tinggalkan area tersebut!

Beralih ke kartu atm berteknologi chip

Para pelaku yang masih menggunakan alat skimmer atm konvensional biasanya hanya mampu melancarkan aksinya kepada korban yang menggunakan atm biasa.

Karena alat skimmer atm ini hanya mampu membaca strip magnetik yang terpasang pada kartu atm biasa.

Tapi zaman semakin canggih tentunya alat skimmer atm juga terus berkembang dan semakin canggih. Walaupun tidak menjamin, tapi dengan beralih menggunakan kartu atm dengan teknologi chip tentu kamu akan mengurangi resiko kamu terkena kejahatan skimming.

Ganti pin sekala berkala

Pada umumnya orang akan enggan untuk mengganti pin sekala berkala. Ada banyak alasan yang mendasari mengapa orang malas mengganti nomor pin seperti terlalu ribet, udah nyaman sama angka tersebut, takut lupa dan lain sebagainya.

Tapi mengganti nomor pin atm secara berkala adalah hal yang penting lho. Saat kamu mencoba mengganti pin, mungkin saja kamu sudah beberapa langkah mendahului pelaku skimming. Mungkin si pelaku belum selesai melakukan ekstrak data dan mengkopinya ke kartu yang lain, tapi korban sudah duluan mengganti pin. Jadi sia-sia tuh usaha si pelaku skimming.

Menandatangani belakang kartu atm

Menandatangin kartu atm bukan hanya sebatas formalitas saja. Hal ini dapat membantu kamu untuk mencegah kartu atm milikmu terkena kejahatan skimming.

Dibawah pita magnetik biasanya ditanda tangani untuk menutup identitas kartu seperti nomor kartu.

Mentup keyboard pin atm

Jangan menganggap remeh kebiasaan menutup keyboard nomor pin saat melakukan transaksi di mesin atm.

Walaupin terlihat sedikit udik atau norak, hal ini bisa mengurangi resiko ancaman skimmer atm. Tapi walau begitu, sekali lagi waspada dengan kamera lain yang terlihat bukan seperti kamera cctv.

Jangan sebarkan foto kartumu di sosmed!

Entah mengapa akhir-akhir ini banyak bermunculan trend membagikan foto kartu atm atau kartu kredit di Instagram atau jejaring soasial yang lain.

Orang-orang idiot seperti itu mungkin merasa keren dengan ikut trend bodoh semacam itu.

Sekali lagi, kamu harus ingat semakin kesini teknologi juga semakin canggih. Alat skimmer sekarang sudah ada yang mampu melakukan skimming tanpa perlu membaca pita magnetik di kartu atm. Jadi kamu jangan pernah membagikan foto kartu kredit atau atm ke medsos ya.

Pemerintah memberikan ultimatum kepada seluruh bank untuk mengganti kartu magnetic stripe menjadi chip. untuk mengurangi tindak kejahatan skimming ini.

Karena kartu atm jenis lama yang menggunakan magnetik strip ini sangat mudah data informasinya karena seluruh informasi dari kartu atm ini terdapat pada strip magnetik yang berwarna hitam ini.

Oleh karena itu bagi kamu yang merasa belum mengganti kartu atm magnetik chip, segera hubungi pihak kantor cabang bank anda.

Karena kalo sudah kejadian, kamu nanti akan menyesal karena telah kehilangan uang.

Apa yang harus saya lakukan jika terkena kejahatan skimming?

Jika kamu sudah terlanjur terkena skimming maka kamu harus cepat-cepat menghubungi pihak bank agar segera diinvestigasi. Kemungkinan bank akan mengembalikan uang kamu.

Tapi jika bank tidak kunjung memberikan kejelasan tentang uang kamu yang hilang maka kamu dapat melapor polisi terkait hal ini.

Nah untuk tindakan yang lebih efektif kamu dapat membagikan pengalam buruk ini ke media sosial, dengan begitu prosesnya pasti akan lebih cepat jika kasus kamu viral. Begitulah bro hukum di nagara ini, hehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s