Cara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10


Jika Anda telah menggunakan Windows 10 untuk sementara waktu, Anda mungkin tahu bahwa sistem operasi memang menyediakan beberapa produk terkait game, seperti bilah game Xbox, aplikasi perekaman layar, dan sebagainya. Tampaknya Microsoft telah menambahkan HDR otomatis baru ke Windows 10 terbaru.

Fungsi HDR otomatis dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda di PC. Fitur yang sama telah terlihat pada konsol game Xbox Series S dan X. Jadi, fitur apa yang ditambahkan sistem operasi? Bagaimana cara meningkatkan pengalaman bermain game Anda? Artikel ini akan memperkenalkan fitur HDR otomatis Windows 10 dan cara mengaktifkannya di perangkat Anda.

Baca juga: Cara Screenshot Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur HDR pada PC Game Windows 10

Jika Anda sudah menggunakan Windows 10 beta versi 21137, Anda dapat langsung mengaktifkan fitur tersebut. Di bawah ini, kami telah membagikan panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan Windows 10 Auto HDR untuk game.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10

  1. Pertama, klik tombol start Windows, lalu pilih “Pengaturan”.
  2. Pada halaman Pengaturan, klik Sistem.
  3. Sekarang di panel kiri, klik opsi “Lihat”.
  4. Di panel kanan, klik “Pengaturan Warna HD Windows”
  5. Pada halaman pengaturan warna Windows HD, gulir ke bawah dan aktifkan sakelar sakelar “Gunakan HDR”.
  6. Sekarang gulir ke bawah dan aktifkan opsi “HDR Otomatis”.
  7. Nonaktifkan fungsi ini dan nonaktifkan opsi “Gunakan HDR” dan “HDR Otomatis” di nomor langkah. 5 dan 6.

Sekarang game yang kompatibel akan secara otomatis menggunakan HDR untuk mendapatkan efek visual warna yang lebih cerah dan lebih hidup.

Mainkan game PC dalam HDR

Selanjutnya, saatnya menjalankan HDR di game Anda. PC Gaming Wiki mencantumkan game hebat yang mendukung HDR, jadi temukan game di daftar ini dan mulailah menggunakannya. Buka pengaturan grafis dan pastikan HDR diaktifkan.

Game tertentu, seperti Shadow of the Tomb Raider, memerlukan HDR untuk diaktifkan di pengaturan Windows sebelum memulai game. Beberapa, seperti Mass Effect: Andromeda, akan secara otomatis mengalihkan Windows ke mode HDR saat Anda memulai permainan, yang sangat bagus jika Anda tidak ingin terus menggunakannya. Sebelum menyalakan sakelar Windows, game lain bahkan mungkin tidak menampilkan opsi HDR kepada Anda di pengaturannya.

Jika ragu, saat HDR diaktifkan, sebagian besar tampilan akan menampilkan semacam logo HDR di sudut atau tengah layar-jika itu adalah sakelar permainan otomatis, Anda akan melihatnya muncul saat permainan dimulai. Dalam kasus Shadow of the Tomb Raider, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan HDR di pengaturan game untuk melihat apakah itu berfungsi.

Gunakan pemandangan dengan area gelap, bayangan, dan sorotan terang, seperti sinar matahari yang melewati jendela di area gelap. Dalam skenario seperti itu, perbedaan antara HDR dan SDR masih sangat jelas, dan layak untuk dilihat.

Cara menonaktifkan HDR otomatis di Windows 10

  • Buka aplikasi pengaturan.
  • Buka Sistem> Tampilan.
  • Klik tautan pengaturan warna Windows HD di sebelah kanan.
  • Jika Anda memiliki beberapa monitor yang terhubung, pilih layar dalam daftar Pilih monitor untuk menonaktifkan HDR otomatis.
  • Sekarang, matikan (nonaktifkan) opsi HDR otomatis

Kesimpulan

HDR adalah teknologi video/pencitraan yang dapat menampilkan terang dan gelap dalam adegan yang direproduksi secara digital dengan lebih detail daripada sebelumnya. Dalam video game, peningkatan rentang warna dan pencahayaan HDR memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan realistis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s