Cara Mempercepat Performa Windows 10 Dengan Mudah


Sekarang di antara peningkatan teknologi, beban kerja pada sistem menjadi dua kali lipat, terkadang sistem kami tidak dapat mengontrol beban kerja ini, dan akibatnya PC kami menjadi lebih lambat dari biasanya.

Jadi, apakah PC Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Ingin mempercepat komputer Anda? Jika ya, maka Anda sedang membaca artikel yang benar. Biasanya ada ratusan alasan mengapa PC melambat seiring waktu.

Komputer atau sistem yang lambat biasanya merupakan tanda driver yang ketinggalan jaman, RAM yang berkurang, file sistem yang rusak, virus dan malware atau kesalahan perangkat keras.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web PC atau Laptop

Cara Mempercepat Performa Windows 10 Dengan Mudah

6 Cara Mempercepat Performa Windows 10

Cara terbaik untuk mempercepat PC Windows 10 Anda. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mempercepat komputer Windows 10 yang lebih lambat.

Berikut langkah untuk mempercepat performa Windows 10:

1. Hapus program yang tidak perlu

Saat menggunakan Windows 10, terkadang kita akhirnya menginstal lebih banyak aplikasi daripada yang kita butuhkan. Beberapa program berjalan di latar belakang tanpa persetujuan kami, yang mengurangi kecepatan seluruh perangkat.

Beberapa program juga menggunakan koneksi Internet, sehingga kecepatan Internet juga dapat dikurangi. Oleh karena itu, Anda perlu melihat semua aplikasi secara manual dan menghapus aplikasi yang tidak perlu.

Untuk menghapus aplikasi di Windows 10, buka pencarian Windows 10 dan ketik “Control Panel.” Selanjutnya, buka panel kontrol dari daftar dan lihat semua aplikasi. Klik kanan aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih opsi “Copot”.

2. Nonaktifkan program startup

Banyak pengguna PC mengklaim bahwa PC mereka mulai sangat lambat. Hal ini terjadi karena ada banyak program startup yang terstruktur untuk memulai ketika jendela dimulai. Ini disebut prosedur startup.

Untuk meningkatkan kecepatan startup, nonaktifkan program startup. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetik “msconfig” tanpa tanda kutip di perintah RUN dan menonaktifkan program yang menurut Anda tidak berguna.

3. Jalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup akan membersihkan semua drive cache yang tidak perlu. Setelah dibersihkan, PC menjadi lebih cepat. Untuk menggunakan utilitas Pembersihan Disk Windows 10, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka “Komputer Ini” di komputer Anda.
  • Klik kanan drive C: dan pilih “Properties”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Pembersihan Disk”.

Dia disana! Windows 10 sekarang akan mencoba membersihkan semua file sementara dan sampah yang tersimpan di drive instalasi sistem.

4. Gunakan opsi pembersihan pihak ketiga

Ada juga beberapa perangkat lunak di Internet yang dapat digunakan untuk membersihkan cache disk, seperti CCleaner.

Perangkat lunak akan menghapus ruang yang tidak perlu di komputer dan menghapus semua file yang tidak perlu, termasuk cache.

Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersihan sampah gratis untuk membersihkan semua sampah dan file sementara.

5. Hentikan proses dari task manager

Pengelola tugas adalah fungsi Windows yang nyaman. Anda dapat melacak setiap proses. Jika ada proses yang gagal di komputer Anda atau komputer Anda hang, cukup tekan ALT+CTRL+DELETE untuk membuka Task Manager. Dalam hal ini, Anda dapat menghentikan proses yang tidak diinginkan dengan mengklik kanan pada suatu proses dan kemudian mengklik opsi “Akhiri Tugas”.

6. Matikan fungsi jendela yang tidak digunakan

Saat Anda menginstal Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dengan pengaturan default, Anda akan menginstal beberapa fitur dan layanan yang tidak digunakan pada sistem. Tapi, tentu saja, pengguna biasa tidak akan pernah menggunakan program dan layanan ini di sistem operasi Windows. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mematikan fitur ini untuk meningkatkan kinerja.

  • Buka panel kontrol dan klik Uninstall a program. Anda akan melihat opsi untuk mematikan fitur Windows di sebelah kiri, Anda harus mengkliknya.
  • Pilih satu per satu program dan layanan yang ingin Anda nonaktifkan pada mesin Windows.

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah diatas, Anda dapat dengan cepat mempercepat PC Windows 10 yang lambat dengan mudah.