Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di Hp Android


Ketika Anda menyimpan detail kontak Anda di ponsel Anda, Anda cenderung berpikir bahwa mereka aman dan tidak akan pernah hilang karena nomor dan alamat email tidak disimpan di tempat lain, yang merupakan perubahan yang bagus. Oleh karena itu, jika terjadi kesalahan dan Anda menemukan bahwa daftar kontak Anda hilang, itu dapat menyebabkan banyak trauma.

Karena Android adalah produk Google, kontak Anda kemungkinan besar akan dicadangkan ke servernya sehingga data berharga dapat dipulihkan. Inilah yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: Cara Menggunakan Zoom di Hp Android Dan iOS

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di Hp Android

Mengapa kontak di Hp Android hilang

Mungkin ada berbagai alasan. Terkadang ini karena kesalahan saat Anda memperbarui Android, sedangkan untuk yang lain, mungkin aplikasi jahat yang menyebabkan masalah. Jika itu yang pertama, maka perbaikan di bawah ini akan membuat semuanya berjalan kembali, tetapi jika masalah berlanjut, mungkin ada baiknya meninjau aplikasi yang baru saja Anda instal untuk melihat apakah menghapusnya atau mencabut izinnya mencegah Kontak yang hilang…

Anda perlu memastikan untuk membuat cadangan kontak Anda di masa depan untuk menghindari masalah terjadi lagi.

Cara memulihkan kontak Anda di Google

Dengan asumsi kontak Anda disimpan di Google Kontak, Anda harus menyalakan PC Anda dan menavigasi ke https://contacts.google.com/. Di sini, selama Anda masuk ke akun Google Anda, Anda akan melihat semua kontak yang terkait dengan alamat email Anda, serta nomor telepon.

Untuk memulihkan kontak Anda, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas layar, dan Anda akan melihat dua opsi-Urungkan perubahan dan pengaturan lainnya. Pilih yang pertama dan Anda akan melihat jendela lain muncul.

Di sini, Anda akan dapat memutar kembali kontak Anda ke suatu titik waktu, berharap ada detail yang hilang. Anda dapat memilih dari banyak opsi berbeda, mulai dari 10 menit hingga 30 hari. Setelah memilih tanggal yang diinginkan, klik “Undo” untuk menyelesaikan proses.

Sekarang, kembali ke ponsel Android Anda, buka kontak dan geser layar ke bawah untuk menyegarkan daftar. Jika semuanya berjalan dengan baik, orang Anda yang hilang sekarang akan kembali ke kejayaannya.

Cara mengembalikan cadangan Google Kontak

Jika kontak Anda yang hilang sebelum batas 30 hari yang disebutkan di atas, atau jika Anda tidak dapat mengakses PC Anda, Anda selalu dapat memulihkan cadangan kontak sebelumnya di ponsel Android Anda.

Untuk melakukan ini, buka “Pengaturan” dan ketuk Google. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Pengaturan dan Pemulihan. Pilih opsi ini, lalu klik Pulihkan kontak.

Semua cadangan sebelumnya akan terdaftar, jadi klik cadangan yang Anda inginkan dan itu akan dipulihkan di perangkat Anda. Ingat bahwa kontak yang ditambahkan setelah tanggal pencadangan tidak akan muncul kembali, jadi harap tuliskan kontak baru sebelum memulihkan kontak lama.

Bagaimana memulihkan kontak kartu SIM yang hilang

Jika kontak Anda hanya disimpan di kartu SIM, masalahnya lebih besar. Tidak ada yang hilang karena Anda dapat mencoba aplikasi khusus seperti Pemulihan dan Pengelola Kartu SIM, atau layanan yang lebih mahal seperti Pemulihan Data Android, yang dapat mencoba menemukan dan memulihkan data yang hilang. Tentu saja tidak ada jaminan, tetapi patut dicoba.

Jika Anda baru saja mengganti iPhone ke Samsung Galaxy S20 atau ponsel Android lainnya, maka membaca cara beralih dari Android ke iPhone dapat memberi Anda jawaban yang Anda butuhkan.