Cara Mengatasi iPhone Tidak Dapat Mengisi Daya


iPhone tidak mengisi daya bukanlah masalah yang sangat umum. Tetapi bahkan jika Apple mempertahankan standar yang tinggi, terkadang iPhone Anda tidak akan mengisi daya. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Solusi untuk memperbaiki masalah pengisian daya iPhone ini Anda dapat mengikuti tip langkah demi langkah sederhana untuk memperbaikinya dengan mudah di rumah.

Baca juga: Cara Mirroring iPhone ke TV

Cara Mengatasi iPhone Tidak Dapat Mengisi Daya

Mengapa iPhone tidak dapat mengisi dayarea

Nah, banyak orang bertanya, jika iPhone saya tidak terisi, apakah saya perlu menggantinya dengan baterai baru? Yah, kemungkinan besar, Anda tidak perlu membeli baterai baru. Mungkin ada beberapa alasan mengapa iPhone tidak dapat diisi daya:

1. Masalah perangkat lunak

Tahukah Anda bahwa perangkat lunak (iOS) memutuskan apakah akan mengisi daya baterai. Tidak selama Anda mencolokkan adaptor pengisi daya dan menyalakan daya, baterai akan mulai mengisi daya. Jika iPhone Anda tidak mengisi daya, mungkin ada masalah dengan perangkat lunak.

Masalah perangkat keras

Jika perangkat lunaknya ok, maka masalah perangkat keras berikut mungkin disebabkan:

  • Port pengisian daya Daya kotor :Catu daya dan peralatan pengisi daya (kabel pengisi daya, adaptor daya) terputus.
  • Adaptor daya atau kabel pengisi daya rusak
  • Perangkat keras pengisian daya yang tidak bersertifikat Apple

Cara Mengatasi iPhone Tidak Dapat Mengisi Daya

Mari kita mulai dengan solusi perangkat lunak dan kemudian beralih ke solusi perangkat keras.

1. Solusi perangkat lunak

Jika iPhone Anda tidak mengisi daya, maka langkah pertama adalah hard reset. Ini akan memperbaiki semua malfungsi perangkat lunak. Sangat mudah, dan sebagian besar dari Anda dapat melakukannya di rumah. Hard reset memiliki peluang lebih dari 70% untuk menyelesaikan masalah. Periksa: Cara mengatur ulang iPhone

Jika ini tidak menyelesaikan masalah, silakan beralih ke solusi perangkat keras.

2. Solusi perangkat keras

. Port pengisian kotor

Ya, port pengisian daya mungkin kotor. Beberapa debu, serat, dll. mungkin menumpuk di port pengisian daya. Gunakan sikat pembersih atau tusuk gigi yang aman untuk ESD untuk membersihkan. Sekarang periksa apakah iPhone Anda sedang diisi.

. Catu daya dan peralatan pengisian daya (kabel pengisi daya, adaptor daya) longgar

Pastikan adaptor pengisi daya dan kabel pengisi daya tersambung dengan benar dan kuat. Pastikan juga soket memiliki daya.

Anda dapat mencoba mengisi daya iPhone menggunakan USB laptop. Terkadang berhasil.

. Adaptor daya atau kabel pengisi daya rusak

Coba gunakan adaptor dan kabel data Anda untuk mengisi daya iPhone lain. Jika berhasil, maka adaptor dan kabel Anda akan berfungsi. Jika tidak, coba kabel dan adaptor bersertifikat Apple lainnya untuk mengisi daya iPhone Anda.

. Peralatan pengisian daya yang tidak bersertifikat Apple

Pastikan Anda hanya menggunakan perangkat keras bersertifikasi Apple. Perangkat keras yang tidak disertifikasi oleh Apple dapat menyebabkan masalah.

Kesimpulan

Di lebih dari 90% kasus, iPhone mulai mengisi daya setelah hard reset atau pembersihan port pengisian daya. Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah di atas dan masalahnya masih belum teratasi, mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi Apple Store.