Cara Menemukan Profil Palsu di Aplikasi Kecan Online


Popularitas aplikasi kencan online seperti Tinder dan Bumble telah tumbuh secara eksponensial. Mereka adalah alat yang sangat baik bagi individu untuk menemukan kencan dengan orang lain yang tertarik untuk membuat koneksi.

Tetapi jika Anda tidak bertemu langsung dengan mereka, dapatkah Anda benar-benar menjalin hubungan yang bermakna?

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa itu mempromosikan hubungan berdasarkan hubungan emosional, informasi pribadi palsu adalah ancaman serius.

Menemukan informasi pribadi palsu sebelum terlambat adalah cara yang baik untuk menghindari masalah di masa depan. Jadi bendera merah mana yang harus Anda perhatikan? Mengapa orang membuat profil kencan palsu?

Mengapa orang membuat profil kencan palsu?

Orang membuat profil kencan palsu karena berbagai alasan. Terkadang itu karena ketidakamanan mereka sendiri.

Sebagian besar pengguna merasa sedikit malu ketika mereka bergabung dengan layanan kencan online. Banyak pengguna membuat profil palsu untuk “menggali” pilihan mereka sebelum membuat akun.

Mengunggah foto anak anjing atau bunga tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentang pengguna, dan mereka tidak mungkin bergaul dengan terlalu banyak pengguna, tetapi itu memungkinkan mereka untuk melihat layanan.

Di lain waktu, orang yang bersembunyi di balik akun palsu memiliki niat yang lebih jahat terhadap orang yang mereka hubungi. Faktanya, tidak jarang menggunakan profil bot palsu di Tinder atau akun Facebook palsu untuk menjangkau orang-orang yang tampaknya rentan.

Baca juga: Cara Merekam Panggilan di Ponsel Samsung

Cara Menemukan Profil Palsu di Aplikasi Kecan Online

Cara Menemukan Profil Palsu

Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk membedakan antara data pribadi palsu dan data pribadi nyata, Anda harus mengetahui beberapa tanda bahaya.

Sebelum Anda berencana untuk bertemu dengan siapa pun yang Anda hubungi di aplikasi kencan, ingatlah hal-hal ini.

1. Mereka hanya punya satu foto

Banyak data pribadi palsu yang sengaja disiapkan. Mereka hanya memiliki satu atau dua foto, dan setidaknya mengisi informasi pribadi mereka. Terkadang, pengguna palsu akan benar-benar melupakan foto orang dan memilih foto hobi atau binatang.

Sementara beberapa orang sangat menjaga privasi mereka dalam aplikasi semacam itu, yang lain menjaga informasi mereka seminimal mungkin karena data pribadi mereka dibuat-buat.

2. Foto mereka terlihat sangat sempurna

Meskipun pasti ada model yang menggunakan profil kencan, foto profil terlihat seperti foto. Pastikan bahwa calon kencan Anda tidak hanya menggunakan gambar stok. Pencarian balik cepat dapat memberi tahu Anda jika gambar ada di situs lain.

3. Mereka memiliki banyak informasi pribadi

Menggunakan gambar stok atau avatar model adalah teknik utama yang digunakan oleh penjahat untuk memikat korban.

Tidak jarang scammer menggunakan gambar yang sama untuk membuat banyak akun atau scammer yang berbeda untuk membuat profil palsu mereka pada model yang sama.

4. Mereka mengirimi Anda tautan

Ketika mencoba untuk mengenal seseorang, biasanya mengirim meme lucu atau artikel menarik bolak-balik. Namun, jika orang tersebut meminta Anda untuk mendaftarkan sesuatu atau membagikan tautan yang tidak Anda kenal, sebaiknya jangan mengekliknya.

Terkadang tautan ini digunakan untuk penipuan phishing atau untuk mendistribusikan malware ke perangkat Anda.

5. Mereka memiliki koneksi yang mencurigakan

Meskipun profil kencan tidak mengungkapkan dengan siapa pengguna berinteraksi, platform media sosial memberikan beberapa wawasan tentang koneksi yang dimiliki profil tersebut.

Jika seseorang menghubungi Anda di Instagram atau Facebook dan memiliki ribuan (atau sedikit) teman atau pengikut, itu berarti akun tersebut baru atau digunakan untuk mengirim spam.

6. Mereka tidak bisa mengobrol video

Cara mudah untuk menentukan apakah Anda benar-benar mengobrol dengan orang sungguhan adalah dengan meyakinkan calon teman kencan Anda untuk benar-benar mengobrol dengan Anda melalui webcam.

Obrolan video adalah alternatif yang aman untuk bertemu seseorang untuk lebih memahami mereka.

Kesimpulan

Kencan online itu rumit, tetapi bisa menyenangkan. Ini adalah cara yang bagus bagi orang untuk bertemu calon mitra dengan cara mereka sendiri. Anda tidak perlu takut dengan kencan online.