Cara Merekam Panggilan di Ponsel Samsung


Ingin merekam panggilan di smartphone Samsung Galaxy Anda? Fungsi perekaman panggilan tersedia secara native di semua perangkat Galaxy, menyederhanakan seluruh proses. Ini juga berarti Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk merekam panggilan di ponsel Galaxy Anda.

Bisakah Anda merekam panggilan telepon?

Sebelum Anda mulai merekam panggilan pada perangkat Samsung Galaxy, Anda harus mengetahui bahwa karena undang-undang dan peraturan setempat, fitur ini mungkin tidak tersedia di negara/kawasan Anda atau wilayah tempat tinggal Anda.

  • Di beberapa negara, merekam panggilan tanpa persetujuan pihak lain adalah ilegal. Jadi, jangan heran jika fitur riwayat panggilan telah dihapus dari perangkat Samsung Galaxy Anda. Dalam hal ini, Anda kurang beruntung karena Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mengaktifkan fitur ini.
  • Anda juga tidak dapat merekam panggilan VoWiFi, yaitu panggilan suara yang dilakukan melalui Wi-Fi.
  • Harap perhatikan juga bahwa aplikasi perekaman panggilan pihak ketiga tidak tersedia untuk Android 9 atau lebih tinggi. Aplikasi apa pun yang mengklaim berfungsi mengharuskan Anda melakukan root pada perangkat Android, yang dapat membatalkan garansi.

Oleh karena itu, jika perangkat Anda tidak memiliki fitur perekaman panggilan, Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store begitu saja untuk mendapatkan fitur ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara Merekam Panggilan di Ponsel Samsung

Cara merekam panggilan secara otomatis di ponsel Samsung

Anda dapat mengatur ponsel Samsung Galaxy Anda untuk merekam semua panggilan secara otomatis. Sesuai dengan preferensi Anda, Anda dapat merekam semua kontak di buku telepon, kontak yang dipilih atau hanya panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

  • Buka aplikasi “Telepon” di perangkat Samsung Galaxy Anda.
  • Klik tombol menu 3 titik lainnya di sudut kanan atas, lalu klik “Pengaturan”> “Rekam Panggilan”.
  • Masuk ke menu log panggilan otomatis dan aktifkan fungsinya.
  • Lanjutkan untuk memilih apakah Anda ingin merekam “Semua panggilan”, “Panggilan dari nomor yang belum disimpan” atau “Panggilan dari nomor yang dipilih”.

Cara merekam secara manual di ponsel Galaxy

Anda juga dapat merekam satu panggilan secara manual di ponsel seperti Samsung Galaxy S21, Note, atau Galaxy Fold.

  • Buka aplikasi telepon di perangkat Samsung Anda dan hubungi kontak yang panggilannya ingin Anda rekam. Atau, jawab panggilan yang ingin Anda rekam.
  • Pada layar panggilan, ketuk tombol rekam panggilan untuk mulai merekam. Jika opsi ini tidak muncul di layar panggilan, klik tombol menu 3 titik di sudut kanan atas, lalu pilih opsi untuk merekam panggilan.
  • Saat Anda menggunakan fungsi perekaman panggilan untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk menerima syarat dan ketentuan.

Tidak seperti beberapa panggilan lainnya, setiap kali Anda mencoba merekam panggilan, pihak lain tidak diberi tahu. Ini hanya terjadi pada ponsel Android yang menggunakan aplikasi Google Phone sebagai aplikasi seluler default.

Cara melihat panggilan yang direkam

Anda dapat melihat riwayat panggilan pada perangkat Samsung Galaxy Anda dari aplikasi “Telepon”.

  • Buka aplikasi “Telepon” di perangkat Samsung Galaxy Anda.
  • Klik tombol menu 3 titik lainnya di pojok kanan atas.
  • Arahkan ke Settings> Call History> Call History. Semua panggilan yang direkam akan ditampilkan di sini. Nama file akan menunjukkan nama kontak atau nomor telepon sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi panggilan yang direkam.

Anda dapat memilih file audio yang direkam, lalu klik opsi “Bagikan” untuk membagikan rekaman panggilan di WhatsApp, Gmail, Drive, dan perangkat lain.

kesimpulan

Seperti yang dibuktikan oleh panduan di atas, selama undang-undang setempat tidak menghalangi Samsung untuk menyediakan fitur ini di wilayah Anda, proses merekam panggilan di ponsel cerdas Samsung Galaxy sangat sederhana dan mudah.

Riwayat panggilan hanyalah salah satu dari banyak fitur yang dapat Anda temukan di perangkat Samsung, tetapi tidak di ponsel Android lainnya. Perlu ditelusuri operasi lain yang dapat Anda lakukan di perangkat lunak Galaxy One UI.