Cara Menggunakan Termux Di Android


adiozh – Termux adalah aplikasi emulator terminal open source untuk perangkat Android. Itu juga dapat berjalan sebagai sistem operasi Linux mini, yang berisi banyak alat dan utilitas yang sering Anda lihat di distribusi Linux desktop.

Anda dapat menggunakan Termux untuk menginstal dan menjalankan banyak aplikasi baris perintah melalui manajer paketnya sendiri. Akses root tidak diperlukan untuk menginstal dan menjalankan Termux di Android. Bahkan dapat menggunakan Termux (melalui VNC) untuk menggunakan lingkungan desktop GUI yang ringan tanpa akselerasi perangkat keras, tetapi mungkin lambat dan tidak berfungsi dengan baik pada perangkat sentuh layar kecil.

Cara Menggunakan Termux Di Android

Cara Menggunakan Termux

Termux sangat populer di kalangan pengembang dan pengguna lain yang ingin mengakses aplikasi CLI Linux di Android. Ini adalah hal terdekat yang bisa Anda dapatkan dari sistem operasi Linux di Android, dan sangat menyenangkan untuk digunakan dengan antarmuka yang dioptimalkan untuk sentuhan yang sempurna untuk perangkat layar kecil.

Kegunaan termux

Anda dapat melakukan beberapa hal dengan Termux:

  • Jalankan skrip Python
  • Jalankan skrip Bash
  • Mainkan game baris perintah
  • Akses editor Vi
  • Buat koneksi SSH
  • Buat virtualenv Python
  • Selama Anda tidak memerlukan akses GUI, Anda dapat mengembangkan aplikasi
  • Instal paket lain menggunakan pip, npm, cpan, gem, tlmgr, dan pengelola paket serupa lainnya
  • Pada dasarnya, apa pun yang diizinkan oleh paket yang diinstal melalui antarmuka baris perintahnya

Cara Instal Termux di Android

Anda dapat mengunduh dan menginstal Termux melalui Google Play atau F-Droid. Mulai Termux melalui peluncur dan Anda akan melihat layar berikut:

Cara Menggunakan Termux Di Android

Aktifkan akses penyimpanan di Termux

Untuk mengakses file di terminal Termux atau menyimpan file dari terminal Termux, Anda harus terlebih dahulu mengatur penyimpanan Termux dan memberikan akses penyimpanan Termux saat diminta. Anda dapat melakukan ini dengan menjalankan perintah berikut:

  • $ termux-setup-storage

Setelah menyelesaikan pengaturan penyimpanan, Anda akan dapat menemukan file Termux yang disimpan di folder “bersama” di penyimpanan internal perangkat Android Anda. Jika folder “bersama” tidak ada, Anda dapat membuatnya secara manual. Biasanya, path lengkap dari folder “bersama” ini adalah “/ storage / emulated / 0 / shared”.

Baca juga: Cara Menggunakan Zoom di Hp Android Dan iOS

Instal dan kelola paket Termux resmi

Setelah menginstal Termux, jalankan perintah berikut untuk memperbarui dan meningkatkan repositori:

  • $ pkg upgrade

Sekarang Anda dapat menginstal paket yang diperlukan menggunakan perintah berikut:

  • $ pkg install <package_name>

Setelah instalasi, Anda akan dapat menjalankan perintah pada paket yang diinstal di terminal Termux

Instal paket Deb di Termux

Anda dapat menginstal paket “.deb” tertentu dari repositori Ubuntu atau Debian, selama paket tersebut dibuat untuk arsitektur ponsel Anda (saat ini, sebagian besar ponsel memiliki arsitektur aarch64 dan aarch32). Harap dicatat bahwa beberapa paket mungkin menolak untuk bekerja di Termux. Untuk menginstal paket “.deb”, jalankan perintah dalam format berikut:

  • $ dpkg -i < deb_package_name >

Untuk menghapus paket “.deb” yang diinstal secara manual di Termux, jalankan perintah dalam format berikut:

  • $ Dpkg –remove < deb_package_name >

Untuk membuat daftar semua paket “.deb” yang diinstal secara manual, Anda perlu menjalankan perintah berikut:

  • $ dpkg -l

Selama persyaratan kompatibilitas terpenuhi, semua paket “.deb” dari sumber paket mana pun dapat diinstal. Seperti biasa, perhatian ekstra harus diberikan saat mengekstrak paket pihak ketiga untuk mencegah penginstalan paket yang mencurigakan.

Instal add-on Termux

Termux menyediakan beberapa add-on berguna yang dapat diinstal pada perangkat Android melalui Play Store. Beberapa pengaya ini gratis, sementara yang lainnya berbayar. Anda dapat menemukan daftar pengaya yang tersedia di Play Store.

Kesimpulan

Beberapa aplikasi di Play Store memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan lingkungan Linux lengkap di Android. Namun, beberapa di antaranya memerlukan akses root dan tidak mudah digunakan. Dalam hal keramahan pengguna, tidak ada yang lebih seperti Termux di Play Store.