Cara Screenshot Laptop Tanpa Aplikasi


Cara Screenshot Laptop memungkinkan Anda menangkap secara akurat apa yang Anda lihat di layar perangkat untuk dibagikan dengan orang lain atau untuk referensi di masa mendatang. Mengambil, menyimpan, dan membagikan tangkapan layar bisa sangat membantu. Faktanya, beberapa orang bersikeras bahwa tangkapan layar adalah hal terpenting di Internet.

Sebagian besar sistem operasi memiliki fungsi bawaan untuk menangkap dan menyimpan tangkapan layar, yang sempurna untuk tugas-tugas dasar. Namun, ada banyak program pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar, dan program ini menyediakan fitur yang lebih mudah digunakan.

Baca juga: Mengatasi Spasi Berantakan dari Word 2010 ke Word 2007

Cara Screenshot Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Laptop Dengan Mudah

Windows menyediakan enam cara untuk Screenshot Laptop desktop sebagai gambar. Tiga didasarkan pada tombol layar cetak (PrtScn), sedangkan tiga lainnya memerlukan tombol Windows (Win).

Pada keyboard , Anda akan menemukan tombol PrtScn khusus di pojok kanan atas. Tombol Win biasanya terletak di sudut kiri bawah, di antara tombol Control (Ctrl) dan tombol Alternate (Alt). Itu menyandang logo Windows, jadi jangan sampai terlewatkan.

Di laptop, perintah “print screen” dapat digabungkan dengan fungsi lain pada satu tombol, seperti yang ditunjukkan di atas. Dalam hal ini, selain tombol layar cetak, Anda juga harus menekan tombol fungsi (Fn).

Ini adalah rincian dari enam perintah tangkapan layar:

1. Print screen (PrtScn)

Menangkap seluruh layar. Jika ada lebih dari satu monitor, fungsi ini akan menangkap semua konten yang ditampilkan di semua monitor yang terhubung sebagai satu gambar. Secara default, metode ini tidak menyimpan gambar sebagai file, tetapi hanya mengirim gambar yang diambil ke clipboard Windows.

2. Alt + print screen

menangkap satu jendela. Sebelum menekan kedua tombol ini (atau tiga tombol pada beberapa laptop), pastikan bahwa jendela target, seperti dokumen atau browser, disorot terlebih dahulu. Secara default, metode ini tidak menyimpan gambar sebagai file, tetapi hanya mengirim gambar yang ada di jendela pengambilan ke clipboard.

3. Win + print screen:

tangkap seluruh layar. Perbedaannya di sini adalah Windows menyimpan gambar sebagai file. Secara default, ini dikirim ke tangkapan layar C: Users gambar> pada PC.

4. Win + Shift + S

Gunakan alat tangkapan layar bawaan Snip & Sketch untuk mengambil tangkapan layar. Layar diredupkan dan empat opsi tersedia pada bilah alat kecil (kecuali untuk ikon “Keluar”): “Potong Persegi Panjang”, “Potong Bebas”, “Potong Jendela” dan “Ringkasan Layar Penuh”. Alat ini tidak menyimpan konten yang diambil sebagai gambar, tetapi hanya mengirimkannya ke clipboard. Kami akan membahasnya nanti di panduan ini.

5. Win + G

Buka bilah game Xbox. Klik tombol ambil, lalu klik ikon kamera Secara default, alat akan menyimpan gambar ke C: Pengguna> (Nama Pengguna)> Video> Tangkap.

6. Win + Alt + Print Screen

Hanya menangkap jendela aktif. Perintah ini menyimpan gambar ke C secara default: Pengguna> (nama pengguna)> Video> Tangkap

Jika Anda menggunakan OneDrive, Anda dapat menyimpan tangkapan layar ke Cloud sehingga dapat diakses dari perangkat apa pun. Namun, itu tidak menyimpan tangkapan layar secara default. Sebaliknya, Anda harus mengklik ikon “cloud” yang berada di sebelah “jam sistem” (atau di menu “ikon tersembunyi” yang ditandai dengan panah ke atas).

Jika ikon ini tidak muncul, Anda mungkin perlu membuka aplikasi OneDrive dan masuk ke akun Anda terlebih dahulu. Setelah mengklik ikon “Cloud”, pilih “Help and Settings”, lalu klik “Settings” pada menu pop-up. Selanjutnya, klik tab “Cadangan” di jendela munculan yang muncul dan centang kotak di bawah “Tangkapan Layar”. Lalu klik “OK”.

Dalam kasus ini, Anda dapat menekan dua perintah PrintScreen pertama untuk secara otomatis menyimpan file gambar ke OneDrive. Anda tidak akan melihat layar berkedip atau layar redup untuk perintah ini-sebagai gantinya Anda akan menerima pemberitahuan.

Kesimpulan

Saat membaca artikel di atas tentang Cara Screenshot Laptop, jelas terlihat bahwa sebagian besar sistem operasi memiliki fitur bawaan untuk menangkap dan menyimpan tangkapan layar untuk tugas-tugas dasar.