Cara Cek Data Pribadi Bocor


Waspada! Beberapa hari terakhir tersebar berita dugaan kebocoran 279 juta data penduduk Indonesia yang identik dengan data BPJS kesehatan dijual di situs online raidforums. Raidforums merupakan forum online yang kerap mengungkapkan kebocoran-kebocoran data. Konsep tampilan seperti forum kaskus, ada member yang membuat thread kemudian anggota forum lain memberikan komentar pada member yang menjual data tadi.

Sudah banyak terkuak kebocoran data di raidforums ini, diantaranya pernah bocor data Tokopedia, data Bukalapak, data mahasiswa undip, dan yang terbaru adalah dugaan data BPJS kesehatan ini. Data yang tersebar kebanyakan adalah data sensitif, seperti NIK, email, nomor hp, nama lengkap, bahkan nama ibu kandung. Kabar berita terbaru situs forum online raidforums sudah diblokir oleh Kominfo, tapi buat apa? Toh yang jual beli bukan orang Indonesia saja kan, pun ada tools namanya VPN 🙄

Cara cek data pribadi yang pernah bocor ke publik

Website tersebut milik Ethical Hacker Indonesia yang mengedukasi “mereka yang paham” dengan tindak kejahatan di dunia digital agar menggunakan skill kemampuan tersebut untuk hal-hal yang positif. Ethical Hacker Indonesia kemudian memutuskan untuk terlibat langsung untuk mengedukasi masyarakat awam agar terhindar dari serangan digital, contohnya membuat situs untuk pengecekan kebocoran data sensitif yang terkuak secara publik ini.

Caranya masukkan email kalian ke form pencarian. Nanti situs akan matchkan dengan data-data yang pernah bocor ke publik. Apabila email kalian ada dalam database, maka akan ditampilkan data apa saja yang pernah bocor. Terus kalau kita masukin email bukannya malah nyetorin data kita ke sana dong?

Baca juga: Cara Blokir SMS Penipuan di iPhone

Setelah kebocoran data BPJS banyak yang bertanya cara mengetahui data bpjs kita bocor bagaimana, bisa di cek periksadata juga, namun dengan menambahkan /bpjs dibelakang alamat periksadata. Data yang dipakai untuk kecocokan adalah 1 juta data sampel bpjs yang sedang ramai dibahas. Caranya masukkan nomor BPJS di kolom pencarian. Bisa di cek disini https://www.periksadata.com/bpjs

Bahwa Kami juga tidak pernah menyimpan informasi alamat email yang Anda masukkan ketika memeriksa kebocoran data.

https://www.hack.co.id/privasi/

Tenang, data kita aman, dari kebijakan privacy situs periksadata.com ini tidak collect data email pribadi kita, hanya passing parameter untuk menerima balikan dari database.

Situs haveibeenpewned ini adalah penyedia API untuk periksadata. Bisa dikatakan bahwa situs web ini adalah sumber dari segala sumber database bocor yang ada di dunia. Kontributor situs ini bertujuan untuk memberi pelayanan pada masayarakat untuk memberi tahu bahwa data kita ini bocor lho, sehingga harus lebih waspada.

Kemudian dengan adanya pengumpulan data di satu situs, semoga bisa membantu para korban mempelajari bagaimana penyusupan akun bisa terjadi dan juga bisa menyoroti seberapa besar tingkat keparahan risiko serangan online di internet saat ini. Cara cek sama, tinggal masukkan email kalian ke form pencarian.

Searching for an email address or phone number only ever retrieves the data from storage then returns it in the response, the searched data is never explicitly stored anywhere.

https://haveibeenpwned.com/Privacy

Lalu bagaimana kalau tahu data kita bocor? Langkah pertama segera ubah password. Tapi kalau data pribadi KTP kita yang bocor, yang perlu dilakukan cuma bisa berdoa biar semoga data kita ngga disalahgunakan 😥

Pada initinya perlu hati-hati dan waspada di zaman yang serba online dan digital sekarang ini untuk manajemen password dan meningkatkan security pada device pribadi kita, seperti smartphone dan laptop yang sering kita gunakan terhubung internet. Update antivirus device, ngga usah ngadi-ngadi klik link dari sms penipuan, atau setor data pribadi kita ke survei-survei gajelas di internet.

Semoga bermanfaat! Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s