Mengatasi BootLoop Error Lumia WP 10


IMG_20150919_210720

Aaaaa… lumia ane bermasalah siang ini gan.. rencana sih mau gaya-gaya upgrade lumia 625 ane ke windows phone 10 technical preview. Tergiur karena sudah stable untuk build yang terbaru nya. Oke lah, ane langsung join ke windows insider agar bisa dapat notifikasi update juga.. Singkat cerita tadi pagi ane dapet notifikasi buat update phone, butuh free memori internal 1.3 GB, ane yakin, wah ini nih. Trus ane update aja, pake koneksi di kampus, nunggu lumayan lama juga.

Well emang sial entah biar lebih sayang sama lumia.. waktu install windows phone nya malah bootloop, gak bisa masuk ke sistem. Panik. ya! ane panik.

Cari tutorial gak ada solusi, cari di forum luar negeri juga ga ada hasil. Pakai aplikasi recovery tools dari windows juga ga bisa. Gara-gara device lumia ane yang bootloop gak terdeteksi komputer, the usb device not recognized. Tanya temen katanya kudu ke nokia center, dan kalau masa garansi dah habis kudu bayar, mahal pula. aduuuh. 😥

Akhirnya ane tetep berusaha buat recovery lumia ane. Untunglah ane dapat cara buat mengatasi bootloop error lumia 625 ketika upgrading sistem ke windows phone 10. Alhamdulillah.

Persiapan yang diperlukan..

  1. Koneksi Internet yang stabil
  2. Kabel data
  3. Lumia yang mau direcovery
  4. Komputer/Laptop

Tools yang dipakai untuk recovery.. 

  • Nokia Software Updater 4.3.2 bisa download disini atau dimari atau cari di googel.. file 81mb

Langkah recoverynya seperti ini gan.. 

  • Download dan install software (pakai koneksi internet) yang sudah agan download tadi. Buka software Nokia Software Updater. Pastikan terkoneksi internet. Pasangkan lumia dengan kabel USB ke port 2.0 atau port yang belum pernah terpasang dengan lumia sebelumya. tujuannya agar komputer menginstall device lumia sebagai boot device. Lalu pilih My phone does not startup or respond. 

bootloop1

  • Kemudian Continue

bootloop2

  • Tunggu sampai software mendeteksi bahwa lumia mengalami bootloop. Tandanya jika device ditemukan saat booting tulisan nokia tidak kecil ditengah lagi, tapi menjadi logo nokia yang lebih besar di bagian atas.

bootloop3

  • Tunggu sampai device terdeteksi, kalau sudah maka software akan menampilkan latest update firmware lumia agan. Kalau lumia 625 punya ane udah versi lumia cyan.. Kemudian pilih install

bootloop4

  • Ketika agan pilih install maka secara otomatis akan diarahkan untuk medownload firmware terbaru dari lumia agan. Tunggu proses download hingga selesai, total file 1.6 GB untuk lumia cyan. Butuh waktu lama, karena downloadnya gak pakai idm, manual, downspeed koneksi ane yg sampai 1.2 mbps kalau pakai idm cuma mentok di ratusan kbps. Butuh kesabaran ekstra. Tapi tenang saja, apabila koneksi terputus bisa resume secara otomatis kok, jadi tak perlu ulangi dari awal.

bootloop5

  • Akhirnya setelah download selesai, agan bisa masuk ke langkah selanjutnya adalah install firmware yang sudah didownload. Akan otomatis install kok. Apabila terjadi error, pilih try again, sampai muncul logo nokia di layar lumia.

bootloop6

IMG_20150919_233834[1]

  • Jika sudah selesai maka otomatis lumia akan restart. Tunggu sampai proses selesai. Setelah selesai alhamdulillah lumia 625 ane kembali lagi, pengaturan kembali awal, seperti beli baru. Masalah data tinggal sync dari akun microsoft sih..

bootloop7

  • Lumia ane yang sudah berhasil di restart. Langsung keluar logo windows kotak warna biru yang seharian ini ane rindukan. Alhamdulillah lumia masih terselamatkan. 😳

IMG_20150919_235308[1]

Itulah gan.. pengalaman bootloop di lumia 625 ane, kalau di android mah enak, tinggal flash ulang, download firmware, jadi. Lumia butuh kesabaran dan kesungguhan niat agar bisa berhasil flashing ulang nya. Semoga bermanfaat gan.

Tips kalau device lumia tidak terdeteksi komputer/laptop

  • Ganti ke port lain, saran ubah ke yang usb 2.0 saja
  • Tunggu sampai logo nokia muncul, bukan tanda mesin gerigi yang berputar
Iklan