Praktikum Uji Makanan


(Nih kelompok praktikum gue.. dari kiri.. Elia, Novi, Gue, Gilang, Mharta.. harusnya ada Putut, tapi dia gak mau ikut foto. alergi kamera kayaknya dia. :lol:)

Biologi lagi biologi lagi.. emang akhir-ahir ini gue lagi problem ma ni mapel.. gak tau deh kenapa pinginnya selalu bikin tulisan di blog tentang mapel ini.. 🙄
Kali ini praktikum uji makanan, namanya juga kelompok orang-orang setres.. yang bawa peralatan cuma yang cewe..! bayangin aja Gue cuma bawa jeruk, Mharta bawa tempe doank, Putut malah blas kagak bawa. padahal harus bawa 9 jenis bahan makanan + alat-alat praktikum pendukung lainnya.. dies :mrgreen:

(nih gue yang cuma bawa jeruk doank.. gak usah tanya kenapa gue sempet foto-foto dulu sembari yang lain udah sibuk ma alat & bahan praktikum mereka :cool:)

Akhirnya setelah semua bahan makanan kekumpul (minta dari kelompok lain..he he..) Praktikum dimulai..
Gue spesialis tumbuk-menumbuk, Mharta juru masak, Putut spesialis cleaner, Novi spesialis lemak-lemak, Elia preparation, Gilang jadi bu carik (pencatat hasil praktikum)..
Setelah bikin staff dalam kelompok, mulai deh.. urutan bahan makanan yang kita uji nutrisinya..

  1. Tahu
  2. Tempe
  3. Kacang
  4. Jeruk
  5. Nasi tanpa dikunyah
  6. Nasi yang dikunyah
  7. Daging ayam
  8. Telur
  9. Minyak goreng

Gue disini paling enak.. tumbuk-tumbuk bahan kayak mainan.. hehe
yang paling kerja keras, kalo orang Ngawi bilangnya paling “ngoyo” si Mharta, dia yang suruh ngunyah nasi sampek hampir 22x kunyahan.. ha ha ha 😆

Setelah semua bahan kelar ditumbuk dan dimasukin ke plat tetes buat uji amilum sama protein, terus digosok-gosok ke kertas buat uji lemak, dan tak lupa juga dimasukin ke tabung reaksi buat uji glukosa, karena kudu dipanasin.. 🙄
Dicampurlah larutan itu tadi dengan rekgen benedict (uji glukosa), iodium (uji amilum), biuret (uji protein) kita catat tuh hasil pengamatan.. diesela-sela pengamatan, sempet-sempetnya kita foto-foto..he he he.. kelompok gila kamera nih, 😆

(padahal gue sama novi dipasrahin buat ngamati plat tetes, eh.. sempet-sempetnya foto dulu.. 😆 padahal belakang ada pak guru nya tuh..! *parah)

(sebenarnya yang gila kamera siapa ? guenya apa kelompok gue ? ha ha :mrgreen:)

Nah.. walaupun diselingi sama foto-foto kagak jelas tadi.. eh, gak taunya kelompok gue paling cepet selesai praktikumnya.. ha ha ha.. kagak nyangka gue. 😆 😳 *terharu

Kalo mau lihat hasil praktikumnya kunjungi saja alamat ini 😉 thx.. link uji makanan

Iklan

3 thoughts on “Praktikum Uji Makanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s