Tips and Trick Virtual Villagers 5: New Believers


Seperti game-game keluaran last day of work sebelumnya, Virtual villagers 5 ini menuntut kita untuk membantu para penduduk pulau yang menemukan tempat bermukim baru yang masih dikuasai oleh penduduk primitif. Yang menarik dari game ini adalah cara agar bisa menyelesaikan game dengan memecahkan 16 puzzle dan 1 bonus puzzle yang sudah diprogram.

Pada versi 5 ini puzzle cukup mudah, tidak seperti versi-versi sebelumnya (3 & 4) yang membuat aku frustasi ngotak-atik komputer sampai tanggal ku ubah menjadi tahun 2012.. (dies). Misi puzzle ini kebanyakan untuk menghancurkan beberapa totem yang dipuja oleh masyarakat primitif agar mau meninggalkan kepercayaan mereka, dan pindah ke kepercayaan penduduk kita.. Puzzle and Milestones akan dibahas lebih lanjut pada post berikutnya.

Nah.. tips dan trik nya apa sih? ini dia..

  1. Ubah Game speed menjadi fast.
  2. Agar waktu di pulau lebih cepat, ubah waktu komputer sebanyak 1-2 jam. (jangan melebihi 2 jam, nanti penduduk bisa mati kehabisan bahan pangan)
  3. Saat memilih penduduk, pilih penduduk yang sudah memiliki salah satu skill. Setiap penduduk punya satu skill yang sudah dikuasai dan umurnya jangan terlalu tua (20-30 tahun).
  4. Kalau mau penduduknya banyak, saat memilih penduduk pilihlah 3 ibu-ibu yang sedang menggendong anak, nanti bisa mendapat penduduk baru dari heathen parent (puzzle #17)..
  5. Jangan terlalu berambisi untuk menyelesaikan Puzzle and milestones. Prioritaskan pada tech point dan bahan makanan.
  6. Pilih 2 penduduk di bidang scientist dan 2 penduduk di bangunan, yang 1 anak kecil untuk mengambil relic dan item.
  7. Selesaikan puzzle #1 dulu, agar penduduk bertambah satu..
  8. Terus selesaikan puzzle #6 di awal, soalnya kalau nunggu lama tumpukan kotoran ranting/daun  di mausoleum menumpuk banyak, dan sulit ngebersihinnya.. semakin sedikit tumpukan kan lebih gampang unlock nih puzzle..
  9. Usahakan untuk menyelesaikan “puzzle 3: the hungry totem” agar jalur pengambilan buah noni bisa terbuka.
  10. Setelah puzzle 3 selesai, puzzle 4: the knowing totem hancurkan dulu agar penduduk bisa memulai aktivitas di laboratorium.
  11. Jika penduduk anda sudah ada yang “master scientist” gunakan untuk membangun hydroponic farm agar supply makanan bertambah.
  12. Tech piont gunakan untuk “medicine” agar penduduk tidak sakit-sakitan.
  13. Kumpulkan relic sebanyak-banyaknya agar energy bisa max dan bisa membuka “god power” yang akan membantu puzzle-puzzle selanjutnya.
  14. Jika selesai main game ini jangan lupa untuk “pause” agar anda tak kehabisan supply makanan..

Mungkin hanya itu tips dan trick nya. selebihnya sabar dan telaten buat menyelesaikan puzzle-puzzle yang menjebak.. Jangan Lupa Komen ya… 😉

Puzzle and Milestones :

Puzzle 1: The Sick Heathen

Puzzle 2: The Prison Break

Puzzle 3: The Hungry Totem

Puzzle 4: The Knowing Totem

Puzzle 5: The Hydroponic Farm

Puzzle 6: The Buried Mausoleum

Puzzle 7: The Blocking Totem

Puzzle 8: The Hollow Totem

Puzzle 9: The Heathen Builder

Puzzle 10: The Lake

Puzzle 11: The Pain Totem

Puzzle 12: The Rainbow Totem

Puzzle 13: The Heathen Scientist

Puzzle 14: The Tribute Statue

Puzzle 15: The Blind Totem

Puzzle 16: The Heathen Chief

Puzzle 17: The Heathen Parent

Iklan